aku lelah untuk bergerak
aku lelah untuk berfikir

pikiranku sudah mulai kabur
pandanganku pun sudah mulai buyar

berat rasanya kepala ini
terlalu berat rasanya

Hitam sudah diri ini
mengeras . . .
retak . . .
dan pecah

lalu bertaburan menjadi serpihan yang berserakan

aku tidak tahu harus berbuat apa
aku tidak mengerti apa yang harus dipikirkan

kini
hanya ada malam di hari-hariku
gelap . . .
tanpa cahaya . . .

bisakah aku mengusiknya
atau pun aku meniupnya

ah
rasa-rasanya mustahil

aku lelah untuk bergerak
aku lelah untuk berfikir

aku hanya bisa tersungkur
terdiam menatapi nasibku yang datang

tidak ada perlawanan dariku
ya
memang tidak ada

aku ini sudah lelah
tapi aku masih harus bertahan
kenapa?
apa mungkin bisa bertahan?

rasa-rasanya sedikit mustahil

apa aku diam saja
dan terus begini
aku ingin sebenarnya berubah
tapi keadaanku yang tidak membantuku

kau tahu

aku ini sudah rapuh
bagaimanapun juga aku tidak mungkin bisa
aku hanya sedang belajar untuk ikhlas sekarang

jadi begitu
membiarkan dirimu termakan ke dalam jurang
melepaskan keinginan yang membawamu naik

engkau
sungguh
menyedihkan

ya
aku tahu itu
aku sungguh menyedihkan