3 Slogan Utama Jepang Pasca Restorasi Meiji

   Fukoku Kyouhei (富国強兵) berarti kekayaan dan kekuatan dari suatu negara. Negara Jepang pada zaman Meiji berusaha membangun negara yang kaya dan militer yang kuat. Mereka percaya bahwa dengan membangun negara dan militer yang kuat, maka negara meraka ada dipandang oleh negara-negara lainnya. Selama zaman Meiji, negara jepang terus menerus membangun kekuatan militer guna menghadapi perang di kemudian waktu. Jepang juga terus mengumpulkan kekayaan untuk bisa menjadi negara yang mandiri

   Bunmei Kaika (文明開化) merupakan slogan pencerahan yang ada pada zaman Meiji. Negara Jepang berusaha merubah pola pikir mereka dari wakon kansai ke wakon yosai. Menurut mereka pada waktu tersebut, negara Barat merupakan negara-negara maju yang patut untuk dicontoh, sehingga apabila negara Jepang ingin maju seperti mereka, maka negara Jepang harus melakukan westernisasi. Dalam proses westernisasi tersebut, banyak sekali ilmu-ilmu yang diterima negara Jepang sehingga membuat negara Jepang itu menjadi negara yang maju di kemudian hari.

   Risshin Shusse (立身出世)  yang berarti berhasil dalam kehidupan. Negara Jepang harus bisa memenuhi kebutuhan negaranya sendiri. Apabila hal tersebut dapat dipenuhi, maka negara Jepang tidak perlu lagi bergantung dan membutuhkan negara lain. Dengan hidup mandiri, negara Jepang tidak memerlukan negara lain, sehingga negara Jepang dapat dikatakan sebagai negara yang maju. Negara Jepang percaya bahwa negara yang maju merupakan negara yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.