Sakura Pada Hari Ke-7


[August 2016]

Ini foto pertama kali setibanya saya di Jepang kemarin. Dini hari sampai di bandara Haneda membuat sekujur tubuh saya beku dan malas melakukan apapun. Ternyata suhu dinginya bukan main.

Jadi foto apa itu? Sakura? Ya Sakura. Katanya Sakura hanya datang pada waktu-waktu tertentu. Waktu mekarnya bunga Sakura sangat sebentar apalagi untuk orang-orang yang memang bertujuan untuk menikmati Sakura. Harus pintar-pintar pilih tanggal travel.

Saya termasuk yang beruntung karena pada kesempatan ini tanggalnya bertepatan sekali dengan mekarnya bunga Sakura. Kalau dilihat langsung ya pasti bagus . . .

Ada satu pesan dari orang Jepang saya di Kantor, katanya ketika pergi ke sana jangan lupa bawa masker, itu adalah hal yang lumrah untuk menghindari serbuk bunga Sakura. Mau coba tidak bawa? Coba saja seperti saya, paling setelah itu bersin-bersin.

Hari demi hari, sakura disetiap pohon pun mulai rontok sedikit-sedikit. Sial, begitu sibuknya jadwal saya di sana sampai tidak bisa (kabur dari kerjaan) untuk lihat Sakura. Untungnya seminggu kemudian di akhir pekan saya masih bisa menemukan sakura di Tokyo di kuil Senso Ji. Meski tetap saja ada yang sudah habis kering kerontang. Tuh lihat pohon di sebelah kanan foto.